Senin, 07 November 2011

Jadi Jurnalis bukan Sekedar Bisa Nulis.

Seni dan ketajaman naluri dalam mencari berita menjadi salah satu faktor utama seorang wartawan.

hal ini dikarenakan tidak semua kejadian bisa menjadi sebuah berita atau informasi yang aktual, menarik perhatian dan dinilai penting.

Hal ini dilihat karena media bukan lagi sebagai penyalur informasi semata. Tapi juga telah berkembang sebagai fasilitator, penyaring dan pemberi makna dari sebuah informasi kepada khalayak.

Sebuah kejadian yang ingin disajikan menjadi sebuah informasi dan disampaikan kepada khalayak harus memuat nilai-nilai berita didalamnya. Agar berita bisa tersampaikan secara lugas, netral dan tampa prasangka.

Nilai-nilai tersebut mencakup empat hal mendasar yang musti terpenuhi. Yang pertama objektif, berdasarkan fakta dan tidak memihak, ditambah Aktualnya informasi atau kejadian, serta nilai beritanya luar biasa, disini bisa aneh, janggal dilihat dan tidak umum, kemudian penting dalam artian berita berdampak besar bagi orang banyak, atau menyangkut orang penting. Dan yang terakhir jarak tempat kejadian dengan orang yang akan menerima informasi atau berita tidak terlalu jauh, dan kedekatan kultural serta psikologi.