Minggu, 08 Juli 2012

Sejumlah Kebutuhan Mulai Merangkak Naik Jelang Puasa


BATAM -- Menjelang memasuki bulan Ramadha, sejumlah kebutuhan pokok mulai merangkak naik seperti cabai rawit, cabai merah, dan beras.

Hal tersebut disampaikan oleh Salah seorang pedagang di Pasar Mitra Raya Batam Centre, Buk Andi ditemui di kios miliknya Minggu, (8/7) kemaren.

"Untuk kenaikan sejumlah kebutuhan pokok telah berlangsung seminggu belakangan ini," terangnya.

Saat ini cabai merah dijual perkilonya mencapai Rp34-35 ribu, yang sebelumnya Rp30 ribu. Kenaikan telah terjadi dalam kurung 4-5 hari belakangan ini. Setiap harinya mengalami kenaikan Rp1 ribu.

Buk Andi mejelaskna, pihaknya tidak mengetahui secara pasti terjadinya kenaikan harga. Menurut kabar yang dia terima dari Agen bahwa harga dari daerah penghasik yaitu dari Jogyakarta dan Surabaya telah mengalami kenaikan.

"Kemungkinan daerah penghasil lagi kesulitan air sehingga untuk menanam cabai menjadi sulit" terangnya.

Untuk pasokan, masi tetap normal seperti biasanya tidak ada terganggu cuma harga saja yang mengalami kenaikan. Hal serupa juga diikuti dengan cabai rawit, saat ini dijual perkilonya Rp25 ribu yang mana sebelumnya Rp20 ribu.

Untuk Harga beras kualitas super lokal juga sudah ikut mengalami kenaikan harga berkisaran rata-rata Rp2-3 ribu perkarungnya. Dan juga untuk beras impor asal Thailand mengalami kenaikan harga Rp2-5 ribu perkarungnya. Kenaikan beras sudah terjadi dalam satu minggu belakangan ini.

Seperti diantaranya yang sudah mengalami kenaikan harga, merek arum biru saat ini perkarung 25 kilo dijual Rp248-250 ribu yang sebelumnya Rp245 ribu dan Ayam biru saat ini dijual Rp155 ribu sebelumnya Rp150 ribu.

Pedagang lainnya yang dijumpai di Pasar Mitra Raya, Rudi, menyampaikan hal senada, bahwa untuk sejumlah kebutuhan poko perlahan-lahan mulai mengalami kenaikan harga.

Untuk bawang putih saat ini dijual dikisaran Rp21-22 ribu, bawang merah Rp14 ribu, kacang panjang dikisaran Rp14-15 ribu, minyak goreng Rp10 ribu. Dan untuk telor medan masi tinggi perpapannya dijual Rp29-30 ribu. Serta yang mengalami kenaikan juga untuk bayam dan kangkung saat ini dijual Rp7 ribu perkilonya.