Rabu, 11 Januari 2012

Imlek

asal tulis.....

Masi Sepi Pembeli
- Jerung Cina Dan Parsel

NAGOYA - Penjualan jeruk cina dan parsel menjelang imlek yang jatuh pada tanggal 23 Januari 2012 yang tinggal beberapa hari lagi, masi belum begitu ramai. Penjualan diperediksi baru akan meningkat satu minggu menjelang imlek.

Daerah Nagoya yang dikenal sebagai kampung pecina, penjualan jeruk cina juga terlihat hingga didaerah Pasar Fres Avava yang tidak jauh dari Komp.Pasar Bumi Indah. Sejumlah toko telah memajang sejumlah jenis jeruk cina didepan kiosnya masing-masing.

"Penjualan Jeruk Cina maupun Parsel masi sepi beberapa hari ini," ungkap Liana salah seorang penjula di daerah nagoya yang memiliki kios bernama Sempurna Jaya yang berlokasi di Komp. Pasar Bumi Indah,kepara wartawan, Rabu(11/1).

Menurutnya, untuk beberapa hari ini, penjualan jeruk cina maupun parsel relatif sepi dari pembeli. Biasanya kalau pun ada yang datang, rata-rata masi naya-naya seputaran harga yang kita tawarkan.

Yang mana, untuk saat sekarang ini ungkapnya, kita hanya memajang saja sejumlah jeruk di depan kios untuk meramaikan saja. Dan juga kita selain memajang jeruk, kita selingi dengan sejumlah farsel. Hapir seluruh penjual didaerah ini menawarkan jeruk cina.

Sejumlah masarakat yang akan merayakan imlek di Kota Batam, akan berbondiong-bondong membeli jeruk cina dan parsel berkisaran satu minggu menjelang imlek.

"Biasanya baru ramai yang datang membeli jeruk cina maupun parsel didaerah ini, berkisaran satu minggu menjelang imlek," ungkapnya.

Menurutnya, biasanya ramai pembeli satu minggu menjelang imlek. Untuk saat sekarang ini, penjualan jeruk cina masi berkisaran 10 hingga 15 kotak.

Toko sempurna yang media ini datangi, menjual berbagai macam jenis jeruk cina dengan berbagai kemasan pariasi berat yang ditawarkan. Mulai dari yang terkecil berkisaran tiga kilo hingga 17 kg.

"Toko kita menyediakan beberapa macam jenis jeruk cina," terangnya

Jenis jeruk cina yang kita jual, ungkapnya, ada beberapa jenis diantaranya Model Mandarin lo kan, Yong Chun honey lo kan, Honey lo kan. Untuk harga yang kita tawarkan fariatif, mulai yang paling mularah yaitu Rp 38 ribu dan seterusnya.

Yang mana, berat perkotanya ada yang tiga kilo dan hingga 17 kilo. Untuk yang 17 Kg dengan isi kurang lebih 57 biji jeruk. Semua jeruk langsung didatangkan dari negeri asalnya negara Cina, ungkap Liana.

Liana menyampaikan, untuk parsel, harga yang ditarawarkan yang paling murah seharga Rp 150 ribu. Semua parsel yang dijual, kita buat sendiri disini. Pihanya ungkap Lina, juga melayani pembeliyan parsel berupa pesanan jenis-jenis barang yang harus diisi didalam parsel. Namun, rata-rata pembeli yang datang lebih cendrung membeli parsel yang sudah jadi.

"Untuk produk yang kita pajang didalam parsel, langsung kita datangkan dari pabrikanya," terangdia.

Hal ini dilakukan, menurutnya, selain membuat harga parsel lebih murah, juga rata-rata produk yang dipajang jarang dijual dipasaran yang ada di Batam.

"Rata-rata barang berasal dari negara tetangga malesiya," imbunya

Sehingga, ungkapnya, tidak perlu diragukan bahwah sejumlah produk yang kita tawarkan rata-rata memiliki lebel Halal, ungkapnya.